Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 09 Maret 2012

MONETISASI BLOG

Biasanya kita seringkali mendengar kata Blog Monetize / Monetisasi Blog / Bisnis Blog. Monetisasi blog adalah suatu proses untuk membuat blog mempunyai nilai tawar yang tinggi. Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa blog dapat digunakan untuk mendapatkan penghasilan tambahan baik berupa dollar (USD$) atau rupiah (Rp). Ada berbagai cara yang dilakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan ini, sebagai contoh adalah membuat review suatu barang / website (paid reviews) atau yang biasa dikenal dengan istilah Paid Per Post atau Paid per Review, pemasangan iklan, mengajak seseorang untuk gabung (Refferal) dan lain sebagainya,semoga arikel ini berman faat bagi kita yang akan melakukan monetisassi blog sebagai bisnis sampingan.



PROGRAM PAID TO SOCIALIZE

Jika anda tidak mempunyai web atau blog untuk mencari uang di internet, anda masih memiliki alternatif model monetisasi. Salah satunya adalah melalui program Paid-to-Socialize. Melalui program paid-to-socialize Anda bisa mendulang uang dengan cara menjadi anggota situs-situs social media atau social networking tertentu yang memberikan insentif komisi untuk sejumlah tindakan yang anda lakukan. Kelebihan program ini dibanding yang lain adalah Anda tidak perlu harus memiliki blog atau situs.

Berikut adalah ulasan sejumlah program social media dan social networking :

• Yuwie

Yuwie adalah situs jaringan sosial semacam Friendster yang membayar aktivitas bersosialisasi online Anda. Yuwie membayar Anda untuk mem-posting tulisan, memberi komentar, mengunggah (upload) foto, chatting, mengunjungi akun Yuwie yang lain, dan mengajak teman Anda untuk bergabung dengan Yuwie. Jika Anda akrab dengan Friendster atau MySpace, Anda tidak akan asing dengan fitur-fitur Yuwie.

• Dada.net
Dada.net adalah sebuah situs jaringan sosial dengan program pembagian komisi yang akan membayar Anda untuk mengajak teman Anda bergabung dan menarik trafik pengunjung.


PAY PER INSTAL PROGRAM

Dengan program ini kita akan dibayar apabila ada orang yang menginstall program di komputernya melalui referensi kita. Dan pengunjung tidak ditarik biaya sepeser pun untuk menginstallnya jadi bukan jual beli program.


PROGRAM PAID TO WRITE

Jika anda suka menulis dalam bahasa Inggris, salah satu pilihan bisnis online yang bisa anda pertimbangkan adalah program paid-to-write. Seperti namanya, melalui program ini anda dibayar untuk menulis review, opini atau sekedar menyinggung suatu link produk yang diiklankan dalam tulisan di blog atau situs anda. Berikut adalah ulasan sejumlah program paid-to-write :

• PayPerPost

PayPerPost akan membayar tulisan di blog atau situs anda. Tugas anda adalah hanya menulis review atau opini tentang suatu produk, dan jika tulisan anda disetujui oleh PayPerPost maka anda akan dibayar untuk tulisan anda.


• Smorty

Smorty akan membayar Anda untuk menulis tentang suatu produk, layanan atau situs tertentu di blog anda. Smorty membayar secara mingguan. Anda bebas menulis topik yang anda sukai. Anda juga bisa memposting di beberapa blog atau situs yang anda miliki.


• Blogsvertise

Blogsvertise akan membayar anda untuk menciptakan buzz. Tugas anda adalah menyinggung suatu produk, layanan atau situs tertentu dalam tulisan di blog anda sehingga pembaca blog atau situs anda mengenal produk atau layanan tersebut. Blogsvertise membayar per posting tulisan anda melalui PayPal.




PROGRAM PAID TO AFFILIATE

Melalui program ini anda bisa mendulang uang dengan cara menjadi anggota program affiliate dan menjual produk atau layanan pihak ketiga kepada pengunjung blog atau situs anda. Jika pengunjung blog atau situs anda melakukan transaksi pembelian, maka anda akan mendapatkan komisi dalam jumlah tertentu.

Berikut adalah ulasan sejumlah program affiliasi yang saya ketahui :

• Amazon Associates

Amazon Associates memberi kesempatan kepada Anda untuk menjadi affiliate dan mempromosikan produk dan layanan Amazon.com di blog atau situs Anda. Produk Amazon.com terentang mulai dari buku, games, e-book, furnitur hingga MP3.


• ClickBank

ClickBank adalah pasar produk digital online (e-book) terbesar dimana anda bisa mempromosikan ribuan produk digital populer setiap hari. Dengan menjadi affiliate ClickBank, Anda bisa menghubungkan tema content blog atau situs Anda dengan produk e-book ClickBank, dan mendapatkan keuntungan berlipat.

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Blogroll