Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 26 Desember 2010

    Topologi jaringan bus merupakan beberapa simpul/node dihubungkan dengan jalur data (bus). Topologi bus menyediakan 1 saluran untuk komunikasi semua perangkat sehingga semua perangkat harus bergantian menggunakan saluran tersebut. Masing-masing node dapat melakukan tugas-tugas dan operasi yang berbeda namun semua mempunyai hierarki yang sama.

    Topologi star merupakan susunan yang menggunakan lebih banyak kabel daripada bus dan karena semua komputer dan perangkat terhubung ke central point. Jadi bila ada salah satu komputer atau perangkat yang mengalami kerusakan maka tidak akan mempengaruhi yang lainnya (jaringan).

   Topologi ring merupakan susunan yang menggunakan desain yang sederhana. Pada topologi ring, setiap komputer terhubung ke komputer selanjutnya, dengan komputer terakhir terhubung ke komputer yang pertama. Tapi sayangnya, jika akan dilakukan penambahan atau pengurangan komputer dalam jaringan tentu saja akan mengganggu keseluruhan jaringan.

   Topologi mesh merupakan hubungan antar sentral secara penuh dan lebih efisien tidak menggunakan kabel, karena kalau menggunakan kabel terlalu rumit. dalam pengoperasiannya jaringan mesh tersebut relatif mahal  dan kurang ekonomis.



   Repeater berfungsi untuk memperpanjang rentang jaringan dengan cara memperkuat isyarat elektronis.

   Hub adalah sebuah perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan peralatan-peralatan dengan serat optik sehingga menjadikannya dalam satu segmen jaringan. Hub bekerja pada lapisan fisik ( layer I ) pada model OSI.

   Switch adalah jaringan yang dapat digunakan sebagai penghubung komputer atau router pada satu area yang terbatas, switch juga bekerja pada lapisan link. caranya hampir sama dengan bridge, tetapi switch memiliki sejumlah port sehingga sering dinamakan multi-port bridge.

   Bridge adalah alat yang digunakan untuk menggabungkan beberapa LAN atau jaringan komputer dan dapat mengirim data lebih cepat.

   Pooter adalah alat untuk menghubungkan beberapa jaringan komputer, dimana pooter dapat mentransfer data antar jaringan dengan protokol lower-layer yang berbeda.

0 komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Blogroll